Akreditasi Penjaminan Mutu

PANDUAN PENYUSUNAN EVIDEN ASESSMEN SURVEILLANCE
MAHKAMAH SYAR'IYAH/PENGADILAN AGAMA
             
NO KATEGORI OBJEK KRITERIA PENILAIAN EVIDEN NOMOR URUT CEKLIST
1 2 3 4 5 6
1 Kepemimpinan Ketua PA/MS  Pembentukan Tim Penjaminan Mutu PA/MS 1 SK Tim Penjaminan Mutu PA/MS, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 1
2

Undangan,Daftar Hadir,Notulen Sosialisasi

3

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Penjaminan Mutu - rapat RTM

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Penjaminan Mutu - laporan RTM

Penyusunan Pedoman Kerja (Manual Mutu) 1 Manual Mutu 2
2 Renstra (Visi dan Misi)
3 Budaya Kerja (5R dan 3S) berupa: Banner 5R dan 3S, Ceklist Kebersihan dan Pemeliharaan
4

Kebijakan Mutu, Maklumat Pelayanan, Motto, Sasaran Mutu dan Matrik Korelasi. Catatan:Kebijakan Mutu, Maklumat Pelayanan dan Motto dibuat dalam bentuk banner dan dipasang di area pelayanan

5 Profil Pengadilan dimuat dalam Manual Mutu dan website satuan kerja
6 SK Tim Penjaminan Mutu PA/MS, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
7 Komitmen Bersama (Deklarasi Pelaksanaan Penjaminan Mutu) berupa banner penandatanganan semua pegawai
8 Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Komitmen Bersama (Deklarasi Pelaksanaan Penjaminan Mutu)
Pembentukan Tim Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi 1 SK Tim PMPRB PA/MS, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 3
2 Undangan, Daftar Hadir, Notulen Sosialisasi
3 Laporan Lembar Kerja Penilaian RB beserta eviden
4 Roadmap RB
5 Rencana Aksi
Penerapan Budaya Kerja pada Pengadilan Agama 1 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Sosialisasi Budaya Kerja (5R dan 3S) 4
2

SOP terkait Pelayanan Perkara (mulai dari Pendaftaran, hingga pengambilan salinan putusan/Akta Cerai)

- SOP Prosedur Penerimaan Perkara.

- SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara.

- SOP Pelayanan Penerbitan Akte Cerai.

3 Prosedur Mutu Komunikasi
4 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Sosialisasi SOP
5 Absensi Masuk, pulang dan Jam Instirahat
6 Jadwal Rapat Koordinasi
7 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Rakor
8 Banner 5R dan 3S
9

- Undangan Sosialisasi Peraturan Setandar Pelayanan.

- Undangan Rapat Peraturan Terbaru Budaya Kerja.

- Daftar Hadir.

Notulen Sosialisasi Peraturan yang terbaru.

Penetapan Role Model  1 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Penyusunan Kriteria Role Model 5
2 SK Tentang Kriteria Penilaian
3 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Pembentukan Tim Role Model
4 SK Tim Penilai Role Model, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
5 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Penetapan hasil Role Model
6 Berita Acara Penilaian
7 SK Penetapan Role Model
8 Banner Role Model
Penandatangan Pakta Integritas 1 Undangan, Daftar Hadir acara penandatanganan Pakta Integritas secara bersama-sama 9
2 Foto/video kegiatan penandatangan Pakta Integritas
3 Pakta Integritas yang sudah ditandatangani oleh masing-masing pejabat struktural dan fungsional 
Pencanangan Zona Integritas 1 Pembentukan Tim Pencanangan Zona Integritas 10
2 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Sosialisasi Pencanangan Zona Integritas
3 Penandatanganan Komitmen Bersama
4 Undangan, Daftar Hadir, Susunan Acara Penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas
5 Penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas yang disaksikan oleh instansi lain (PN, Bupati, Polres, Kejari, Kodim dan unsur muspida lainnya)
6 Komitmen Bersama antar pimpinan dan seluruh pegawai dalam bentuk video
7 Publikasi pencanangan ZI melalui media: website banner/leaflet/spanduk yang dapat dilihat umum
8 Lembar Kerja Evaluasi ZI (evaluasi tersendiri)
9 Usulan Penetapan Zona Integritas Ke MA
Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan 1 SK Tim Hakim Pengawas Bidang,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 11
2 Jadwal, Program dan Lembar Temuan Pengawasan
3 Laporan Hakim Pengawas Bidang
2 Customer Focus Ketua Pengadilan Maklumat Pelayanan 1 Penetapan Standar Maklumat Pelayanan 18
2 Deklarasi
3 Maklumat layanan yang dipublikasikan melalui banner/bingkai yang diletakkan diruan pelayanan
Standar Pelayanan Pengadilan 1 Penetapan Standar Pelayanan Pengadilan dalam bentuk SK 19
2 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Sosialisasi
3 Laporan Layanan Informasi
Publikasi Putusan 1 SOP One Day Publish 20
2 Screen Shoot SIPP upload putusan
3 SK Tim Publikasi putusan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
4 Laporan Ketua Majelis Kepada Ketua PA 
5 Laporan bulanan tentang publikasi putusan
6 Undangan Evaluasi
7 Daftar Hadir Monev terhadap one day publish
8 Notulen Rapat
PMH 1 SOP Penetapan Majelis Hakim 21
2 Dokumen PMH dan Screen Shoot PMH pada SIPP
Manajemen Resiko 1 Prosedur Mutu Manajemen Resiko 22
2 SK tentang Tim Penyusunan Risk Register, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Analisis SWOT
4 Risk Register dan Monitoring Resiko
5 Sasaran Mutu dan Monitoring Sasaran Mutu
6 Pengendalian Peluang dan Monitoring Pengendalian Peluang
7

Monitoring Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Form HIRADC

- Form HIRADC PTSP.

- Form HIRADC Hakim.

8 Penanganan Tanggap Darurat
Pengawasan atas pelaksanaan Court Calender 1 Instruksi Kerja Pelaksanaan Court Calender 29
2 Laporan Pelaksanaan Court Calender
3 Jadwal Rapat Evaluasi Pelaksanaan Court Calender
4 Undangan, daftar hadir, foto kegiatan pelaksanaan court calender dan notulen evaluasi pelaksanaan court calender
Panitera Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti 1

- SOP Penunjukan Panitera.

- SOP Penunjukan Jurusita/Jurusita Pengganti.

28
2

- Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti

- Dokumen Jurusita/Jurusita Pengganti

Screenshoot di SIPP

Sekretaris Pemanfaatan Ruang tamu terbuka  1

- SK Penetapan Penanggung Jawab Ruangan

SK Penetapan Ruangan

23
2

- Daftar Barang Ruangan

- Daftar Barang Ruang Tamu Terbuka

3 Sarana Prasarana ruang tamu terbuka meliputi satu set kursi tamu, kalender, bahan bacaan, jam dinding
Panitera Penyimpanan uang konsinyasi 1 SOP Pelayanan Konsinyasi 24
2 Buku Register Konsinyasi
3 Bukti Pengelolaan uang konsinyasi (Berita Acara, Tanda Terima)
4 Pelaporan uang konsinyasi
Hakim Pengawas Bidang Pelaksanaan Hakim Pengawas Bidang 1 SOP tentang Pengawasan Bidang 38
2 SK Tim Hakim Pengawas Bidang,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3

Jadwal, Program dan Lembar Temuan Pengawasan

- Program Asessment Internal Tahunan

4 Laporan Hawasbid
Hakim Pengawas dan Pengamat (Khusus untuk perkara jinayat) Pelaksanaan Hakim Pengawas dan Pengamat 1 SOP tentang Pengawasan dan Pengamat 39
2 SK Tim Hakim Pengawas dan Pengamat, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Jadwal, Program dan Lembar Temuan Pengawasan dan Pengamatan
4 Laporan Hawasmat
Hakim  Minutasi Berkas Perkara 1 SOP Minutasi 1 (satu) hari 40
2 Laporan Minutasi
3 Sample Berkas Perkara
4 Input Minutasi Perkara ke SIPP
Berita Acara Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan 41
2 Catatan persidangan di Court Calender
3 Instrumen persidangan yang sudah diisi dan diparaf/ditandatangani
4 BAS yang sudah ditandatangani paling lama 1 hari sebelum sidang berikutnya
Penetapan Hari Sidang 1 SOP Penetapan Hari Sidang 42
2 Dokumen PHS yang sudah ditandatangani dan Screenshoot PHS pada SIPP
Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan 43
2 Instrumen penundaan sidang yang sudah diisi dan diparaf/ditandatangani
3 BAS yang sudah ditandatangani
4 Catatan persidangan di Court Calender
Hakim (Perkara Jinayat) Pembuatan Instrumen PHS ke Jaksa 1 SOP Penetapan Hari Sidang 44
2 Bukti Instrumen Pemberitahuan hari Sidang Kepada Jaksa yang ditandatangi hakim/ketua majelis
Tim Survey Kepuasan Masyarakat Pelaksaan Survey Kepuasan Masyarakat 1 Prosedur Mutu Survey Kepuasan Masyarakat 46
2 SK Tim SKM, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3

Time schedule SKM

- Kegiatan Survey

- Kegiatan Survey Implementasi

4 Kuisioner
5

- Laporan SKM 2019

- Laporan SKM 2020

6 CPAR Hasil SKM
7 Undangan, Daftar Hadir dan Notulen Pembahasan Hasil SKM
Asessor Internal Pelaksanaan Asessmen Internal 1 Prosedur Mutu Asessmen Internal 45
2 SK Tim Asessor Internal, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Program Asesmen Internal Tahunan
4 Jadwal Pelaksanaan Asessmen Internal
5 Ceklis Hasil Asessmen Internal
6 Permintaan Perbaikan
7 Undangan dan daftar hadir Opening Meeting
8 Undangan dan daftar hadir Clossing Meeting
Panitera Muda Hukum Standar pelayanan Pemberian Informasi Publik dan Pengaduan di Pengadilan 1 SOP Layanan Informasi Berbasis TI 47
2 Meja informasi, petugas informasi dan papan nama
3 Jadwal pembagian tugas petugas informasi
4

SK Ketua PA/MS tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab

- SK Petugas Meja Informasi

- SK Tim Pengelola Informasi dan Dokumentasi

- Setruktur Organisasi Petugas Informasi

  5 SK Ketua PA/MS tentang jenis informasi di pengadilan
  6 SK Ketua PA/MS tentang standar layanan informasi
  7 Formulir pernyataan keberatan atas Layanan informasi
  8 Register keberatan permohonan informasi
  9 Surat tanggapan keberatan atas Layanan informasi
  10 Laporan layanan informasi dari petugas informasi kepada pimpinan PA/MS
  11 Laporan layanan informasi dari PA/MS ke PTA/MS Aceh
  12 Laporan layanan informasi di laporan tahunan  PA/MS
  13 Bagan layanan informasi permohonan informasi berbasis TI
  14 Kertas kerja monitoring dan evaluasi layanan informasi
  15 Komputer yang terkoneksi dengan SIPP dan printer
  16 Formulir-formulir permohonan informasi
  17 Buku Register Informasi
  18 TV Media/Monitor
Pengaduan 19 SOP tentang prosedur pengaduan
  20 SK Ketua PA/MS tentang penunjukan petugas layanan pengaduan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
  21 Permohonan pengaduan
  22 Register laporan pengaduan masyarakat
  23 Laporan ke Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI
  24 Arsip laporan pengaduan
  25 SK Ketua PA/MS tentang penunjukan tim pemeriksa pengaduan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
  26 Berita acara hasil pemeriksaan pengaduan
  27 Arsip hasil pemeriksaan terlapor
  28 Surat keputusan dari pejabat yang berwenang atas hasil pemeriksaan
  29 Kotak Saran dan Pengaduan dilengkapi dengan alat tulis dan kertas
  30 Meja Pengaduan, petugas pengaduan dan papan nama
  31 Komputer yang terkoneksi dengan SIWAS MARI
  32 CPAR tentang pemberian informasi
  33 Sarana Survey Harian (puas/tidak puas terhadap pelayanan pengadilan)
Panitera Muda Hukum Pos Bantuan Hukum (Posbakum) 1 SOP layanan pos bantuan hukum 53
2 Bagan layanan  pos bantuan hukum
3 SK Ketua PA/MS tentang penggunaan ruangan dan perlengkapan pos bantuan hukum
4 SK Ketua PA/MS tentang penetapan konsultan jasa bantuan hukum
5

Surat perjanjian kerja (kontrak) TA 2020

- Surat perjanjian kerja (kontrak) TA 2017

    6 Absensi petugas Posbakum
    7 Jadwal piket petugas Posbakum
    8 Register layanan bantuan hukum
    9 Laporan bulanan penyedia jasa kepada PA/MS
    10 Laporan bulanan dari PA/MS kepada PTA/MS Aceh
    11 Laporan evaluasi pelaksanaan bantuan hukum oleh PA/MS
Panitera Muda Gugatan Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti (Pengelolaan Dokumen Penunjukan) 1 SOP Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti 58
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti dan screenshoot di SIPP untuk perkara gugatan
Panitera Muda Gugatan Panjar Biaya Perkara 1 SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara 63
  2 SK Penetapan Panjar Biaya Perkara
  3 Publikasi panjar biaya perkara melalui website dan banner/papan pengumuman
  Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan 66
  2 Buku kendali persidangan yang sudah diisi
  3 Register perkara
  4 Instrumen penundaan sidang yang sudah diisi dan diparaf/ditandatangani
  Alur Gugatan Sederhana 1 SOP Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana 67
  2 Undangan, daftar hadir dan notulen sosialisasi Penyelesaian Gugatan Sederhana
  3 Register gugatan sederhana
  4 Laporan gugatan sederhana
  5 Informasi tentang gugatan sederhana melalui banner dan website
  Kesesuaian Layanan 1 SOP Layanan (Informasi TI, Posbakum, Sidang di Luar Gedung, Penerimaan Perkara, Pembayaran Panjar Biaya perkara, sidang terpadu, persidangan, mediasi, pemanggilan, penetapan hari sidang, pemberitahuan isi putusan, sita, banding, kasasi, pk, penerbitan dan peyerahan Akta Cerai) 68
  2 Hasil Survey Harian
  Pelaksanaan Mediasi 1 SK Ketua MS/PA tentang Penetapan Mediator 69
  2 Daftar Nama Mediator
  3 Ruang Mediasi yang refresentatif
  4 SOP layanan Mediasi 70
  5 Buku Register Mediasi
  6 Laporan Mediasi
  Pelayanan Kasasi 1 SOP tentang prosedur Layanan Kasasi 71
  2 Pemberitahuan isi putusan Banding/Penetapan Tingkat Pertama
  3 instrumen taksiran panjar biaya kasasi
  4 Bukti Pembayaran Biaya Perkara kasasi melalui rekening virtual
  5 SKUM yang sudah distempel lunas
  6 Akta pernyataan kasasi
  7 Buku Bantu Keuangan Perkara Kasasi
  8 Buku Kas Umum Keuangan Perkara Kasasi
  9

- Buku e-register Kasasi

- Buku register Kasasi

  10 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
  11

Relaas pemberitahuan Pernyataan Kasasi

  12 Tanda terima memori kasasi
  13 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
  14 Relaas pemberitahuan Memori Kasasi kepada Termohon Kasasi
  15 Kontra memori kasasi dan Tanda terima kontra memori kasasi
  16 Bukti kirim dokumen elektronik di Direktori Putusan (Screenshoot)
  17 Bukti Pengiriman berkas Kasasi
  Pelayanan Banding 1 SOP tentang prosedur Layanan banding 72
  2 Pemberitahuan isi putusan
  3 Instrumen taksiran panjar biaya perkara banding
  4 Bukti setoran pembayaran ke Bank
  5 SKUM yang sudah dicap lunas
  6 Akta pernyataan banding
  7

Buku bantuan keuangan perkara banding

Buku bantu keuangan perkara banding (implementasi)

  8 Buku kas umum keuangan perkara banding
  9 Buku register permohonan banding
  10 Intrumen Pemberitahuan Pernyataan Banding
  11 Relaas pemberitahuan pernyataan banding
  12 Tanda terima memori banding
  13 Instrumen Perintah Pemberitahuan memori banding
  14 Relaas pemberitahuan memori banding
  15 Tanda terima kontra memori banding
  16 Instrumen perintah pemberitahuan  kontra memori banding
  17 Relaas pemberitahuan memori banding
  18 Instrumen pemberitahuan inzage kepada Pembanding dan Terbanding
  19 Relaas pemberitahuan inzage kepada Pembanding dan Terbanding
  20 Surat keterangan melaksanakan/tidak inzage Pembanding dan Terbanding
  21 Instrumen pengiriman biaya proses ke PTA/MS Aceh
  22 Bukti pengiriman biaya perkara banding ke PTA/MS Aceh
  23 Buku bantu keuangan perkara banding
  24 Buku kas umum keuangan perkara banding
  25 Surat Pengantar pengiriman bundel A dan B ke PTA/MS Aceh
  26 Bukti pengiriman berkas banding
Panmud Permohonan Penunjukan Jurusita/Jurusita Pengganti (Pengelolaan Dokumen Penunjukan) 1 SOP Penunjukan Jurusita/Jurusita Pengganti 78
2 Screen Shoot Penunjukan Jurusita/ Jurusita Pengganti di SIPP untuk perkara permohonan
Panjar Biaya Perkara 1 SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara 83
2 SK Penetapan Panjar Biaya Perkara
3 Publikasi panjar biaya perkara melalui website dan banner/papan pengumuman
Kesesuaian Layanan 1 SOP Layanan (Informasi TI, Posbakum, sidang di luar gedung, penerimaan perkara, pembayaran panjar biaya perkara, sidang terpadu, persidangan, mediasi, pemanggilan, penetapan hari sidang, pemberitahuan isi putusan, kasasi, pk, pernerbitan akta cerai) 86
2 Hasil Survey Harian
Pelayanan Kasasi 1 SOP tentang prosedur Layanan Kasasi 87
2 Pemberitahuan isi putusan Banding/Penetapan Tingkat Pertama
3 Instrumen taksiran panjar biaya kasasi
4 Bukti Pembayaran Biaya Perkara kasasi melalui rekening virtual
5 SKUM yang sudah distempel lunas
6 Akta pernyataan kasasi
7 Buku Bantu Keuangan Perkara Kasasi
8 Buku Kas Umum Keuangan Perkara Kasasi
9 Buku register Kasasi
10 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
11 Relaas pemberitahuan Pernyataan Kasasi
12 Tanda terima memori kasasi
13 Instrumen pemberitahuan Pernyataan Kasasi
14 Relaas pemberitahuan Memori Kasasi kepada Termohon Kasasi
15 Kontra memori kasasi dan Tanda terima kontra memori kasasi
16 Bukti kirim dokumen elektronik di Direktori Putusan (Screenshoot)
17 Bukti Pengiriman berkas Kasasi
Panmud Jinayat Proses Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan 99
2 Sreen Shoot penundaan sidang pada SIPP
Pelayanan Kasasi 1 SOP permohonan kasasi  100
2 Surat keterangan permohonan kasasi
3 Buku register kasasi
4 Bukti penyerahan pemberitahuan kasasi
5 Memori kasasi
6 Surat penyerahan memori kasasi
7 Kontra memori kasasi
8 Surat penyerahan kontra memori kasasi
9 Bukti pengiriman berkas kasasi
Pelayanan Banding 1 SOP permohonan banding 101
2 Surat permohonan banding
3 Akta permohonan banding
4 Buku register banding
5 Surat  pemberitahuan banding (relaas)
6 Tanda terima memori banding
7 Memori banding
8 Surat penyerahan memori banding
9 Tanda terima kontra memori banding
10 Kontra memori banding
11 Surat penyerahan kontra memori banding
12 Surat pemberitahuan untuk mempelajari berkas perkara
13 Bukti tanda terima penyampaian pemeriksaan berkas
14 Berita acara pemeriksaan berkas
15 Surat keterangan tidak memeriksa berkas
16 Bukti pengiriman berkas banding bundel A dan bundel B ke MS Aceh
Panitera Pengganti Berita Acara Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan 103
2 BAS pada SIPP
3 BAS yang dibuat PP harus sudah selesai 1 hari sebelum sidang berikutnya
Penundaan Sidang 1 SOP Kegiatan Persidangan 104
2 Sreen Shoot penundaan sidang pada SIPP (paling lambat 1x24 jam)
Minutasi Berkas Perkara 1 SOP Minutasi 1 (satu) hari 105
2 Laporan Minutasi
3 Sample Berkas Perkara
Jurusita / Jurusita Pengganti Panggilan/ delegasi panggilan 1 SOP Pemanggilan  107
2 Relaas / delegasi harus dilaksanakan paling lama 2 hari kerja setelah surat tugas keluar
Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Pelaksanaan Absensi 1 SOP Absensi Pegawai 113
2 SOP Pengelolalaan Cuti Pegawai
3 SK Tim Pemantau Disiplin, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
4 Absensi Masuk, pulang dan Jam Istirahat finger print
5 Absensi Masuk, pulang dan Jam Istirahat manual
6 Izin Tidak masuk kerja
7 Izin keluar kantor pada jam dinas
8 Surat Cuti
9 Surat Tugas
Izin Keluar Kantor 1 SOP Izin Keluar Kantor 114
2 Surat pengajuan izin keluar kantor
3 Surat Persetujuan izin keluar kantor dari Atasan
Data Kepegawaian 1 SOP Pengelolaan Data Pegawai 115
2 Peta Jabatan
3

- Analisa Jabatan

- ANJAB Ketua Wakil Hakim, Pansek, Panmud, Kasubbag

- ANJAB PA Cirebon 2020

4 Analisa Beban Kerja
5 Rencana Kebutuhan Pegawai
6 Daftar Urutan Kepangkatan (DUK)
Umum dan Keuangan  Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas 130
2 SOP Pengarsipan Naskah Dinas
3

- Agenda Surat masuk

- Agenda Surat keluar

4 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
5 Buku Kendali Arsip
Labelisasi BMN 1 SOP Penatausahaan Aset 135
2 Penomoran BMN melalui aplikasi SIMAK BMN
Daftar Barang Ruangan 1 SK Penanggungjawab Ruangan dan job desc 136
2 Pembuatan DBR melalui aplikasi SIMAK BMN
Layout jalan masuk dan keluar 1 Terpisahnya pintu masuk keluar gedung pengadilan 137
2 Terdapat rambu-rambu yang menunjukkan pintuk masuk dan keluar
Lahan parkir 1 Terdapat rambu petunjuk parkir kendaraan roda 2 dan 4  138
2 Terdapat pemisahan parkir antara pengunjung dan pegawai
3 Petugas parkir gratis tanpa dipungut biaya
Jalur evakuasi dan titik kumpul 1 jalur evakuasi di setiap sudut gedung pengadilan yang mengarah ke titik kumpul dan terlihat pada denah gedung 139
2 titik kumpul evakuasi yang terletak di dekat pintu keluar lokasi pengadilan dengan lokasi yang cukup untuk semua pegawai
Tanggap darurat dan kebakaran 1 Pelaksanaan simulasi tanggap darurat dan kebakaran ditandai dengan Berita Acara 140
Jalan masuk gedung pengadilan 1 Jalan masuk gedung pengadilan 1 pintu dan terpantau oleh petugas security dan atau CCTV 141
2 Ada pos jaga di pintu masuk gedung pengadilan dilengkapi dengan CCTV
Fasilitas penyandang difabel 1 jalur untuk difabel 142
2 toilet untuk difabel
3 kursi roda
Tersedianya papan informasi 1 Banner Visi dan Misi 143
2 Papan Nama Hakim dan Pejabat
3 Papan Nama Mediator
4 Alur berperkara
5 Alur Pengaduan
6 Alur Pengajuan dan pelayanan bantuan hukum
7 Alur pengajuan gugatan sederhana
8 Informasi Biaya Perkara
Alat Pemadan Api Ringan (APAR) 1 Sarana Alat Pemadam Kebakaran ringan di gedung pengadilan dilengkapi dengan petunjuk penggunaan 144
2 Lampu darurat (emergency lamp)
3 P3K
4 Rekomendasi Dinas Pemadam Kebakaran setempat
5 Simulasi pemadaman kebakaran dan tanggap darurat
6 Alarm Fire System
Kebersihan lingkungan 1 SOP Pemeliharaan lingkungan 145
2 Jadwal Petugas Kebersihan yang terupdate
3 Ceklis Kebersihan ruangan yang terupdate
Pemeliharaan sarana dan prasarana 1 SOP Penatausahaan Aset 146
2 Rencana Pemeliharaan
3 Realisasi Pemeliharaan
4 Kartu Kendali Pemeliharaan
Penempatan CCTV 1 Penempatan CCTV di beberapa titik (ruang sidang, ruang layanan, halaman, tempat-tempat strategis lainnya) 147
Petugas Keamanan 2 SOP Keamanan 148
3 Jadwal Petugas Keamanan
4 Ceklis Kelengkapan Sarana Keamanan
5 Petugas Keamanan yang bersertifikat
Sarana Pendukung 1 Ruang Posbakum dan DBR 149
2 Ruang jaksa (khusus MS) dan DBR
3 Ruang Penasehat Hukum dan DBR
4 Ruang Laktasi dan DBR
5 Ruang tunggu pengunjung dan DBR
6 Ruang Kesehatan dan DBR
7 Ruang Perpustakaan dan DBR
Informasi Anggaran 1 Papan informasi tentang Laporan Realisasi Anggaran yang update 150
2 Laporan Realisasi Anggaran yang terpublikasi
Transparansi 1 RKAKL yang terpublikasi melalui website dan papan informasi 151
2 DIPA yang terpublikasi melalui website dan papan informasi
Perencanaan, IT dan Pelaporan Standarisasi Website 1 Content menu website yang sesuai dengan ketentuan SK Dirjen Badilag Nomor 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA 165
3 Proses Management Panitera Rapat Periodik dengan Panitera muda 1 Jadwal rapat, daftar hadir dan notulen 25
Monitoring dan evaluasi 1 Undangan rapat evaluasi, daftar hadir dan laporan monitoring dan evaluasi 26
Laporan bulanan dan tahunan keadaan perkara 2 SOP Penyusunan Laporan  Bulanan dan Laporan Tahunan 27
Sekretaris Laporan Realisasi Anggaran 1

SOP Penyusunan Laporan Keuangan

- SOP Pencairan Anggaran

30
2 Laporan Realisasi Anggaran pada Komdanas
3 Laporan Realisasi Anggaran yang dibuat setiap bulan
Buku Kas Umum Keuangan DIPA 1 SOP Pencairan dan Pertanggung Jawaban Anggaran 31
2 Adanya kesesuaian kondisi keuangan pada buku dengan kas
3 Buku Kas Umum Keuangan yang ditandatangani setiap bulan
4 Buku Pembantu Kas
5 Buku Pembantu Bank
6 Buku Pembantu Kas Tunai
7 Buku Pembantu LS
8 Buku Pembantu Pajak
9 Buku Pembantu Uang Muka
10 Buku Pembantu UP
11 Buku Pembantu Lain-lain
Rapat Evaluasi Anggaran Per Triwulan 1 Undangan 32
2 Daftar Hadir
3 Notulen
Laporan Barang Milik Negara 1 Berita Acara Rekonsiliasi 33
2 Laporan BMN 
Penetapan Status Penggunaan BMN 1 Surat Usul Penetapan Status Penggunaan BMN 34
2 SK Penetapan Status Penggunaan BMN
Laporan Pengawasan dan Pengendalian BMN 1 Laporan Pengawasan dan Pengendalian BMN ke KPKNL 35
Evaluasi Kinerja Pegawai 1 Undangan Evaluasi Kinerja 36
2 Daftar Hadir evaluasi Kinerja
3 Notulen Rapat
Pengadaan Barang dan Jasa 1 SK Pejabat Pembuat Komitmen, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 37
2 SK Pejabat / Pokja PBJ,meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 SK Pejabat/ Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
Panitera Muda Hukum Pengelolaan Arsip Perkara, Peminjaman Arsip dan penataan berkas 1 SOP Pengarsipan 49
2

SOP Peminjaman Arsip

50
3 Daftar Isi Box Arsip 51
4 Daftar isi Rak Arsip
5 SK Ketua MS/PA tentang Alih Media
6 Buku Register arsip yang telah dialih mediakan
7 Buku Kendali Peminjaman Arsip
Pengelolaan Dokumen Laporan Kepaniteraan PA/MS 1 Laporan keluhan/aduan masyarakat 52
2 Laporan perkara
3 Laporan arsip berkas perkara
4 Laporan perkara yang telah diminutasi
5 Laporan permintaan salinan putusan
6 Laporan penerbitan akta cerai
7 Laporan Posbakum
Panitera Muda Gugatan Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas 55
2 Agenda Surat masuk dan keluar
3 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Implementasi SOP 1

SOP yang berkaitan dengan kegiatan Perkara Gugatan

- Foto Wawancara dan Uji Petik SOP

57
2 Hasil Wawancara dan Uji Petik SOP 
Pengelolaan Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti Jurusita/ Jurusita Pengganti 1 SOP Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti 58
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti, Jurusita/Jurusita Pengganti dan screenshoot di SIPP untuk perkara gugatan
Buku Register 1 Screen Shoot Register pada aplikasi SIPP 59
2 Buku Register yang telah terisi lengkap
Buku Pengawas bidang 1 Buku/ Lembar Pengawas Bidang 60
2 Buku/ Lembar Pengawas Bidang yang terisi
Kelengkapan berkas perkara gugatan / dokumen 1 Ceklis Kelengkapan berkas perkara gugatan/ dokumen 61
Penugasan Jurusita/ Jurusita Pengganti 1 SOP Pemanggilan Para pihak 62
2 Instrumen Perintah memanggil
3 Izin keluar kantor pada jam dinas
4 Relaas Panggilan
Pengelolaan Sisa Panjar 1 SOP Layanan Pengelolaan Sisa Panjar 64
2

SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola sisa panjar, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab

- SK Penunjukan Pengelola Sisa Panjar

3 Buku Jurnal
4 Rekapitulasi Pengelolaan Panjar biaya perkara
5 Kuitansi tanda terima pengembalian sisa panjar
6 Bukti setor ke kas negara
7 Laporan Pengembalian sisa panjar
Penggunaan Sistem Barcode 1 Penggunaan sistem barcode dan direktori putusan untuk perkara Kasasi dan PK 65
Penyerahan berkas Perkara dari panmud gugatan ke Panmud Hukum 1 Daftar perkara yang telah BHT  73
2 Tanda terima berkas perkara
Laporan Keuangan Perkara 1 SOP Pengelolaan keuangan Perkara 74
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola keuangan perkara, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 BKU dan Buku Bantu Keunangan perkara
4 Laporan Rekonsiliasi
5 Laporan Komdanas
Panmud Permohonan Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas 75
2 Agenda Surat masuk dan Surat keluar
3 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Perkara permohonan 77
2

- Wawancara dan Uji Petik SOP

- Foto Wawancara Uji Petik SOP

Buku Register 1 Screen Shoot Register pada aplikasi SIPP 79
2 Buku Register yang terisi
Buku Pengawas bidang 1 Buku/ Lembar Pengawas Bidang 80
2 Buku/ Lembar Pengawas Bidang yang terisi
Kelengkapan berkas perkara permohonan / dokumen 1 Ceklis Kelengkapan berkas perkara permohonan / dokumen 81
Penugasan Jurusita/ Jurusita Pengganti 1 SOP Pemanggilan Para pihak 82
2 Instrumen Perintah memanggil
3 Izin keluar kantor pada jam dinas
4 Relaas Panggilan
Pengelolaan Sisa Panjar 1 SOP Layanan Pengelolaan Sisa Panjar 84
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola sisa panjar, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Buku Jurnal
4 Rekapitulasi Pengelolaan Panjar biaya perkara
5 Kuitansi tanda terima pengembalian sisa panjar
6 Bukti setor ke kas negara
7 Laporan Pengembalian sisa panjar
Penggunaan Sistem Barcode 1 Penggunaan sistem barcode dan direktori putusan untuk perkara Kasasi dan PK 85
Penyerahan berkas Perkara dari panmud permohonan ke Panmud Hukum 2 Daftar perkara yang telah BHT  88
3 Tanda terima berkas perkara
Laporan Keuangan Perkara 1 SOP Pengelolaan keuangan Perkara 89
2 SK Ketua PA/MS tentang petugas pengelola keuangan perkara, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 BKU dan Buku Bantu Keunangan perkara
4 Laporan Rekonsiliasi
5 Laporan Komdanas
Panmud Jinayat Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas 90
2 Agenda Surat masuk dan keluar
3 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Perkara permohonan 92
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Pengelolaan Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti 1 SOP Penunjukan Panitera Pengganti 93
2 Dokumen Penunjukan Panitera Pengganti dan screenshoot di SIPP untuk perkara jinayat
Buku Register 1 Screen Shoot Register pada aplikasi SIPP 94
2 Buku Register yang telah terisi lengkap
Buku Pengawas bidang 1 Buku/ Lembar Pengawas Bidang 95
2 Buku/ Lembar Pengawas Bidang yang terisi
Kelengkapan berkas perkara jinayat / dokumen 1 Ceklis Kelengkapan berkas perkara jinayat / dokumen 96
Pengelolaan dokumen diversi dan penahanan 1 Standar operasional prosedur (SOP) diversi  97
2 Penetapan Ketua Mahkamah Syar’iyah tentang penunjukan fasilitator Diversi
3 Penetapan panitera mahkamah syar’iyah tentang penunjukan panitera pengganti sebagai pendamping fasilitator 
4 Penetapan ketua mahkamah syar’iyah tentang perkara yang akan di diversi
5 Penetapan hari musyawarah diversi
6 Surat pemberitahuan kepada kejaksaan untuk menghadirkan pihak terkait
7 Berita Acara Kaukus 
8 Standar operasional prosedur (SOP) Kesepakatan diversi 
9 Penetapan Ketua Mahkamah Syar’iyah tentang kesepakatan diversi
10 Tanda terima penyerahan kesepakatan diversi
11 Penetapan penghentian pemeriksaan perkara 
12 Standar operasional prosedur (SOP) Penanganan Laporan  diversi 
13 Berita acara penerimaan laporan diversi yang tidak berhasil
14 Register  Diversi
Penahanan 15 SOP Proses penahanan
16 Penetapan penahanan oleh hakim
17 Bukti Penyerahan/ Penerimaan Penetapan Penahanan
18 SOP perpanjangan penahanan
19 Penetapan perpanjangan penahanan oleh Ketua MS
20 Bukti Penyerahan/ Penerimaan Penetapan Penahanan
21 SOP penangguhan penahanan 
22 Surat permohonan penangguhan penahanan dari tersangka/jaksa
23 Surat pernyataan jaminan dari penjamin
24 Penetapan penangguhan Penahanan 
Penggunaan Sistem Barcode 1 Penggunaan sistem barcode dan direktori putusan untuk perkara Kasasi dan PK 98
Penyerahan berkas Perkara dari panmud jinayat ke Panmud Hukum 1 Daftar perkara yang telah BHT  102
2 Tanda terima berkas perkara
Jurusita/Jurusita Pengganti Pelaksanaan pemanggilan delegasi 1 SOP Permohonan bantuan pemanggilan/ pemberitahuan dari PA/MS lain 106
2 Surat Permintaan bantuan panggilan di SIPP
3 Sreen shoot pengisian panggilan delegasi/ pemberitahuan putusan delegasi pada SIPP
Laporan panggilan/ pemberitahuan delegasi 1 SK Ketua PA/MS tentang koordinator panggilan delegasi, meliputi uraian tugas dan tanggungjawab 108
2 Register Panggilan/pemberitahuan delegasi
  Laporan bulanan panggilan/ pemberitahuan delegasi
Pengiriman relass panggilan / pemberitahuan delegasi 1 Surat Pengantar di SIPP 107
2 Bukti Pengiriman relaas panggilan/ pemberitahuan delegasi
Pengiriman kembali Relaas ke Pengadilan pengaju 1 SOP Permohonan bantuan pemanggilan/ pemberitahuan dari PA/MS Lain 109
2 Surat pengantar 
3 Relaas
4 Register bantuan panggilan di SIPP
5 Bukti pengiriman (Resi, Bukti Setoran Bank)
Biaya pelaksanaan Pemanggilan/ pemberitahuan delegasi 1 SOP Permohonan bantuan pemanggilan/ pemberitahuan ke PA Lain 110
2 Bukti pengiriman (Resi, Bukti Setoran Bank)
Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Implementasi SOP 1 SOP yang berkaitan dengan kegiatan Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana 112
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Umum dan Keuangan  Implementasi SOP 1

SOP yang berkaitan dengan kegiatan Umum dan Keuangan

- SOP Penatausahaan Asset

- SOP Penatausahaan Persediaan

- SOP Penatausahaan Anggaran

132
2 Wawancara dan Uji Petik SOP 
Penatausahaan Barang Persediaan 1 SOP Penatausahaan Persediaan 155
2 Pencatatan Persediaan DIPA 01 dan 04 melalui aplikasi persediaan
3 BA Opname fisik persediaan 156
4 Data dan Penyimpanan barang persediaan terpisah antara DIPA 01 dan 04
5 Daftar distribusi Barang persediaan
Uang Persediaan 1 Berita Acara Opname Brankas bendahara pengeluaran 157
Laporan E-Monev DJA (Smart) 1 Laporan e-monev DJA pada aplikasi SMART setiap bulan 158
2 Laporan kepada Kuasa Pengguna Anggaran
Laporan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2006 1 SOP Penyusunan Laporan E-Monev Bappenas 159
2 Laporan e-monev Bappenas per triwulan
Rekon Internal 1 Berita Acara Rekon internal antara SIMAK dan SAIBA 160
Pengelolaan PNBP 1 SOP Penatausahaan PNBP 161
2 SK Bendahara Penerima, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Perjanjian Sewa
4 Bukti tanda terima PNBP
5 Bukti setor PNBP ke kas negara
Pelaporan Keuangan DIPA 1 SOP Penyusunan Laporan Keuangan 164
2 SK Tim Penyusunan Laporan Keuangan
3 LRA
4 LO
5 Neraca
6 LPE
7 BAR
8 CALK
9 Laporan Keuangan
Perencanaan, IT dan Pelaporan Perawatan dan Pemeliharaan TI 1 SOP Pengelolaan TI 163
2 SK Tim Pengelola TI, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Rencana Perawatan dan Pemeliharaan TI
4 Realisasi Perawatan dan Pemeliharaan TI
4 Strategic Planning Ketua PA/MS  Tinjauan Manajemen 1 PM Tinjauan Manajemen 6
2 Undangan, daftar hadirnotulen Rapat Tinjauan Manajemen, dan Laporan LIPA 
3

CPAR 

- Kendali Pengiriman Laporan

4 Monitoring Permintaan Perbaikan
5 Jadwal Rakor
6 Undangan, daftar hadir dan notulen Rapat Koordinasi
Dokumen SAKIP 1 SK Tim Penyusunan SAKIP, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 7
2 Undangan, daftar hadir dan notulen rapat penyusunan dokumen SAKIP
3 Reviu Indikator Kinerja Utama
4 Reviu Renstra
5 Rencana Kerja Tahunan
6 Penetapan Kerja Tahunan
7 RKA-KL
8 Laporan Tahunan
9 Issu internal dan eksternal (analisis SWOT)
10 Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)
11 Laporan Hasil Evaluasi dan Kertas Kerja Evaluasi
Perencanaan, IT dan Pelaporan Penyusunan RKA-KL 1 Undangan, daftar hadir dan notulen Penyusunan RKA-KL 162
2 Kerangka Acuan (Term Of Reference)
3 Rincian Anggaran Belanja
4 Rekening listrik 3 bulan terakhir
5 Rekening air 3 bulan terakhir
6 Rekening Telepon 3 bulan terakhir
7 BPKB
8 STNK
5 Resources Management Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) 1 SOP Pengembangan Pegawai 116
2 SK Tim Baperjakat, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 Undangan, daftar hadir dan notulen Rapat Baperjakat
5

Hasil Rapat Baperjakat

- SK Tim Pengelola PTSP 2020

6 Berita Acara Hasil Rapat Baperjakat
7 Usulan ke Unit Eselon I/PTA/MS Aceh
Analisa Pengembangan Kompetensi 1 Analisa Kebutuhan Diklat 117
2 Usul Calon Peserta Diklat
3 Evaluasi Pengembangan Kompetensi Pegawai
4 Sertifikat, Piagam atau Surat Keterangan telah mengikuti Pelatihan
Pengelolaan Arsip Kepegawaian 1 SOP Pengarsipan Naskah Dinas  118
2 File Kepegawaian
3 Daftar Induk Arsip Kepegawaian
Pengelolaan SIKEP 1 SOP Pengelolaan Data Pegawai 119
2 Ceklis Kelengkapan e-doc Sikep
Kenaikan Pangkat dan Kenaikan Gaji Berkala dan Pensiun 1 SOP Pengelolaan Kenaikan Pangkat Tenaga Teknis dan Non Teknis 120
2 Buku Kendali Kenaikan Pangkat
3 SOP Pengelolaan Kenaikan Gaji Berkala
4 Buku Kendali Kenaikan Gaji Berkala
5 SOP Pengelolaan Pensiun Pegawai
6 Buku Kendali Pensiun
7 Usul Pensiun
Pengelolaan Tata Naskah Dinas 1 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas 121
2 Lembar Disposisi, Kartu Kendali, dan Lembar Pengantar
Pemberian Sanksi dan Penghargaan 1 SOP Pengelolaan Absensi 122
2 Formulir Peringatan lisan
3 Formulir Peringatan tertulis
4 Formulir Pernyataan tidak puas secara tertulis
5 Formulir Penundaan KGB
6 Formulir Penundaan KP
7 Formulir Penurunan Pangkat setingkat lebih rendah
8 Formulir Pemindahan dalam rangka penurunan jabatan
9 Formulir Pembebasan dari Jabatan
10 Formulir Pemberhetian dengan hormat sebagai PNS
11 Formulir pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS
12 SOP Pemberian Penghargaan Kepada Pegawai
13 Daftar hasil analisa pemberian penghargaan
14 Input e-satya/surat usul
15 Piagam/sertifikat
16 Pencatatan dalam kartu hukuman disiplin (lampiran          I-W Perka BKN No.21 Tahun 2010)
17 Arsip teguran dan penjatuhan hukuman disiplin asn
18 Dokumentasi penyerahan penghargaan
19 Telah diinput ke aplikasi SIKEP (screenshot)
Perjanjian Kinerja Individu 1 SOP Pemberian nilai kepada Pegawai 123
2

Perjanjian Kinerja Individu

- PKT

- SKP

3 Sasaran Kerja Pegawai
4 Pengukuran SKP secara Periodik
5 Rekap Hasil Penilaian SKP dari seluruh pegawai
6 Mendokumentasikan SKP yang telah disusun PNS setiap tahun pada bulan Januari, 
7 Menginventarisir PNS yang tidak menyusun SKP untuk dijatuhi sanksi (bila ada)
8 Mendokumentasikan penilaian prestasi kerja terhadap setiap PNS yang dibuat oleh Pejabat penilai
9 Menginventarisir Pejabat penilai yang tidak memberikan penilaian untuk dijatuhi sanksi (bila ada)
10 Telah diinput ke aplikasi SIKEP (screenshot)
Pengelolaan izin (tugas belajar, izin belajar, ke luar negeri dan cuti) 1 SOP Tugas Belajar dan Izin Belajar 124
2 Bukti Pengelolaan Tugas Belajar dan Izin Belajar
3 Evaluasi Tugas Belajar dan Izin Belajar
4 SOP Pengelolaan Cuti Pegawai
5 Buku Kendali Cuti
6 Bukti Permintaan dan Pemberian Cuti
7 Izin sementara pelaksanaan cuti alasan penting
8 Laporan pasca cuti di luar tanggungan negara
9 Surat izin belajar jenjang S2 dan S3, Izin cuti  di luar tanggungan negara bagi tenaga non teknis (Diterbitkan SEKMA)
10 Surat izin ke luar negeri, Surat izin belajar jenjang S2 dan S3, Izin cuti besar, sakit, karena alasan penting bagi tenaga teknis (Diterbitkan Ditjen Badilag)
11 Surat izin belajar jenjang S1, Izin cuti tahunan, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti alasan penting bagi tenaga teknis dan non teknis (Diterbitkan PTA/MS Aceh)
Penyusunan Dokumen SAKIP 1 SK Tim Penyusunan SAKIP, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 125
2 Undangan
3 Daftar Hadir
4 Notulen 
5 SK penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU)
6 SK pembentukan tim Penyusunan Rencana Strategis (Renstra), meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
7 Dokumen RKT
8 Dokumen Perjanjian Kinerja (PK)
9 SKP
10 LkjIP
11 SK tim review SAKIP, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
12

Hasil review dokumen SAKIP

- Tahun 2018

- Tahun 2019

Pengelolaan Tenaga Honorer 1 SK Pengangkatan Tenga Honorer 128
2 Surat Perjanjian Kerja
3 Evaluasi Kinerja
4 Tanda terima honor dari DIPA
6 Dokumen System Ketua/Panitera/ Sekretaris PA/MS Struktur Organisasi 1 Struktur Organisasi telah sesuai dengan Perma Nomor 7 tahun 2015 8
2 Papan informasi/ banner struktur organisasi
3 Pengisian Struktur yang kosong
Ketua/Panitera PA/MS Pelaporan Panggilan/ pemberitahuan delegasi 1 Laporan delegasi ke PTA/MS Aceh dan ditembuskan ke MA dan Dirjen Badilag 2 bulan sekali 17
Ketua PA/MS/Ketua Tim Penjaminan Mutu Pengendalian Dokumen 1 Prosedur Mutu Pengendalian Dokumen 48
2 Daftar Induk dan Distribusi Dokumen Terkendali
3 Daftar Induk dan Distribusi dokumen tidak terkendali
4 Daftar induk SK
5

Daftar induk dokumen acuan

- Kepaniteraan

- Kesekretariatan

Manajemen

6 Daftar Induk Formulir
7 Bukti Permintaan dan Penambahan / perubahan dokumen
8 Riwayat Perubahan Dokumen
9 Prosedur Mutu Pengendalian Arsip
10 Daftar Induk Arsip 
11 Tanda Bukti Pengendalian Arsip
12 Laporan pemusnahan dan perpanjangan arsip
13

Level dokumen : Level 1, 2, 3 dan 4

- Manual Mutu

- PM Komunikasi

- PM Pengendalian Arsip

- PM Pengendalian Dokumen

- PM Manajemen Resiko

Panitera Muda Hukum Laporan Perkara 1 SOP Pelaporan Perkara 54
2 Laporan LI.PA.1 s.d LI. PA.22
3 Buku Kendali Pengiriman laporan
Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Uraian Tugas seluruh pegawai 1 Job discription atau Sasaran Kerja Pegawai 56, 91, 111, 131
Penyusunan Surat Keputusan 1 Daftar Induk SK 126
2 Kumpulan Surat Keputusan
Dokumen Rapat 1 Prosedur Mutu Komunikasi 127
2 Daftar Hadir, Undangan dan Notulen Rapat
Laporan Lembar Kerja (LLK) 1 Diisi secara rutin oleh setiap pegawai 129
2 Screen Shoot LLK pada SIMARI
Umum dan Keuangan Pengelolaan BMN 1 SK Pengelola BMN, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 133
2 Laporan Inventaris BMN (Simak BMN)
3 SK Penghunian Rumah Dinas, meliputi: kewajiban dan tanggung jawab 134
4 SK Pengguna Kendaraan Dinas,meliputi: kewajiban dan tanggung jawab
5 SK Pengguna alat Pengolah Data (Laptop/ PC), meliputi: kewajiban dan tanggung jawab
Pertanggung jawaban Bendahara Pengeluaran 1 Buku Kas Umum Keuangan yang ditandatangani setiap bulan 152
2 Buku Pembantu Kas
3 Buku Pembantu Bank
4 Buku Pembantu Kas Tunai
5 Buku Pembantu LS
6 Buku Pembantu Pajak
7 Buku Pembantu Uang Muka
8 Buku Pembantu UP
9 Buku Pembantu Lain-lain
10 LPJ Bendahara Pengeluaran
11 Daftar Rincian Kas
12 Saldo Rekening
13 Ceklis Kelengkapan Berkas
14 Routling Slip
15 Dokumen telah disimpan dan diarsipkan sesuai dengan ketentuan
Manajemen Pengelolaan Keuangan 1 SK Kuasa Pengguna Anggaran, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 153
2 SK Pejabat Pembuat Komitmen, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
3 SK Bendahara Pengeluaran, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
4 SK Bendahara Penerima, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
5 SK Pengelola Anggaran, meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab
Dokumen pertanggungjawaban keuangan 1 Dokumen lengkap 154
2 Dokumen tersusun rapih
3 Laporan tepat waktu
7 Performance Result Ketua PA/MS  Pembagian tugas Ketua PA/MS dan Wakil Ketua PA/MS  1 SK Pembagian tugas Ketua dan Wakil Ketua PA,meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 12
2 Wawancara kepada Ketua PA/MS dan Wakil Ketua PA/MS
Wakil Ketua PA/MS  Pengawasan dan Pembinaan 1 SK Koordinator Pengawas dan Pembina,meliputi: uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 13
Ketua PA/MS  Penanganan Gratifikasi 1 SK Tim Penanganan Gratifikasi, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 14
Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara 1 SOP Pelaporan LHKPN 15
2

Buku Kendali LHKPN

- Kendali Penyampaian LHKPN

3 Tanda terima e-filling LHKPN dan LHKASN
4 Bukti Pengumuman LHKPN
Penanganan Benturan Kepentingan 1 SK Tim Penanganan Benturan Kepentingan, meliputi: struktur, uraian tugas, kewajiban dan tanggung jawab 16
2 Undangan, daftar hadir,  notulen dan foto Sosialisasi