Seputar Peradilan

Pelaksanaan Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada pengadilan Agama Cirebon

Jumat, 25 Januari 2018

Pengadilan Agama Cirebon telah resmi melaksanakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau biasa disingkat dengan sebutan PTSP untuk memberikan pelayanan prima kepada ara pencari keadilan. Berdasarkan pada SK Dirjen Badilag Nomor 1403/DjA/SK/OT.01.3/8/2018 tentang Pelayanan terpadu Satu Pintu di Lingkungan Peradilan Agama, saat ini Pengadilan Agama Cirebon telah memenuhi seluruh kriteria pelayann terpadu Satu Pintu yang terdiri dari Layanan Utama dan Layanan Pendukung Lainnya.

Pelayanan yang terdapat pada Pengadilan Agama Cirebon yaitu Layanan Utama yang berupa Layana Pendaftaran Perkara, Layanan Pembayaran, Layanan Pengambilan Produk Pengadilan, Layanan Informasi, Layanan Pengaduan, dan Layanan Umum. Selain Itu terdapat Layanan Pendukung Lainnya yang menunjang pelaksanaan PTSP yaitu Layanan Pihak Bank yaitu Pengadilan Agama Cirebon bekerjasama dengan bank BRI dalam hal pembayaran biaya perkara.

Layana Pendukung lainnya yaitu  Layanan Pos bantuan Hukum (Posbakum) yang bekerjasama dengan IAIN Syech Nurjati Cirebon dalam membantu para pihak yang tidak mampu dalam membuat surat gugatan. Layana Pendukung Lainnya yaitu Layanan Pos Dan Giro disediakan untuk para Pencari keadilan.

Ketua Pengadilan Agama Cirebon Drs. Mohamad moenawar Subkhi, MH. berharap dengan dilaksanakannya Sistem PTSP ini dapat meningkatkan nilai kepuasan masyarakat terhdap pelayanan di Pengadila Agama Cirebon.